27 Mei 2008

MTQ XXII, Humas Terbitkan Majalah Spektakuler


Borneo Tribune, Momentum MTQ XXII Provinsi Kalimantan Barat di Kota Singkawang dimanfaatkan Pemerintah Kota Singkawang menerbitkan Majalah Spektakuler. Majalh ersebut dikelulah bagian humas dan protokol sekretariat daerah Kota Singkawang, yang dikepalai langsung Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Derah Kota Singkawang sebagai pimpinan redaksi.


”Kita bersyukur kepada tuhan yang maha esa, karena atas ijin dan ridhanya Majalah SPEKTAKULER ini bisa terbit dan dipersembahkan untuk pembaca, kata Istri Handayani, saat ditemui di ruang kerjanya, beberapa hari yang lalu.


Dalam penerbitan perdana ini, Istri mengatakan majalah spektakuler mengangkay Pelantikan Walikota Singkawang Periode 2007 - 2012 sebagai laporan utama. Dalam artikel tersebut mengulas, Kota Singkawang berhasil melaksanakan pesta demokrasi untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota secara langsung pada 17 Desember 2007 yang lalu. Pesta demokrasi yang diikuti lima pasangan tersbut mengantarkan Hasan Karman yang berpasangan dengan H. Edy R. Yacoub, sebagai wakil menjadi walikota dan wakil walikota Singkawang.


“Majalah SPEKTAKULER kita hadirkan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di bidang informasi dan publikasi. Dengan salah satu misinya melaksanakan perwujudan pelayanan publikasi dan fasilitasi melalui informasi yang akurat, sehingga mampu memberikan kesegaran, pencerahan dan pemahaman bagi masyarakat,” kata Istri menjelaskan.


Menurut Istri, dalam tahun perdana ini Majalah Spektakuler terbit tiga bulan sekali, dengan memuat didalamnya informasi birokrasi Pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif, dan dilengkapi informasi dan kajian-kajian potensi ( budaya, pariwisata, jasa, dsb ) yang dipaparkan dengan sederhana, mudah dicerna dengan harapan bisa menimbulkan inspirasi dan motivasi pembaca dalam mengenal program-program di Pemerintah, dan peluang investasi melalui pengenalan potensi yang kami sajikan yang ada di Kota Singkawang.


”Untuk menyemarakkan kehadiran majalah ini, dilengkapi juga dengan informasi seputar kewanitaan, yang mengupas kegiatan - kegiatan Organisasi Wanita di Kota Singkawang, Resep-resep masakan, Tips untuk keluarga, dsb,” kata Istri.


Untuk penerbitan berikutnya, Istri mengatakan majalah Spektakuler akan menyediakan halaman khusus untuk para pembaca ’suat pembaca,. Halaman tersebut disediakan bagi pembaca yang ingin memberikan kritikan, tanggapan, pertanyaan, dengan mengirimkan surat ke redaksi atau melalui email yang disediakan.


Redaksi menerima kiriman sumbangan artikel atau tulisan. Tulisan dalam spasi rangkap antara 4-6 halaman kuarto. Ditandatangani serta disertai fotocopy identitas dan nomor telephone,” terang Istri.


Istri menurutkan tidak ada gading yang tak retak, penyajian edisi perdana tersebut tentu banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan, sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pemberian pelayanan bidang informasi kepada masyarakat, ia mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca. (Mujidi, Borneo Tribune)

Tidak ada komentar: