26 Mei 2008

24 Peserta Bersaing dalam Khattil Mushaf


Borneo Tribune, Senin (26/5) kemarin, sebanyak dua puluh empat peserta putra dan putri bersaing pada cabang khattil qur’an golongan mushaf. Dengan kertas yang disediakan panitia, para peserta ini bersaig memoleskan cat untuk menhasilkan tulisan berkaidah dan indah. Kemudian tiga orang putra-putri diantara mereka yang mempunyai nilai tertinggi akan bersaing kembali pada final yang aan digelar Kamis (29/5) mendatang di lokasi yang sama.

Sesuai dengan data yang diberikan, dari dua puluh mepat peserta tersebut terbagi dalam sebelas peserta dari putri. Putri-putri yang tidak ikut bertanding pada khattil mushaf tersebut barasal dari Kayong Utara, Kapuas Hulu, dan Kabupate Landak. Untuk peserta putra berjumlah tiga belas orang. Kafilah yang tidak ikut serta berasal dari Kabupaten Sekadau.

Selain khattil mushaf, sehari sebelumnya juga digelar perlombaan cabang Khattil golongan naskah. Peserta yang ambil bagian sebanyak dua puluh lima orang. Empat belas untuk putra dan sebelas untuk putri. Kemudian hari ini, Selasa (27/5) akan dilakukan perlombaan khattil qur’an untuk golongan dekorasi. Waktu perlombaan akan dimulai pada pukul 07.30 dan akan berakhir pada pukul empat sore.

Dari segi penilaian, dewan hakim memberikan beberpa kriteria. Untuk khattil naskah, kriteria yang dinilai adalah bidang kaidah dan keindahan. Untuk cabang khatil qur’an golongan mushaf dan dekorasi, kriteria yang masuk dalam penilaian adalah bidang kaidah, keindahan, dan bidang keindahan hiasan. Untuk melihat langsung pelaksanaan perlomabaan tersbut, Wakil Walikota Singkawang, Edy R. Yacoub berkenan untuk melakuakn peninjaua. Ia juga terlihat antusias menyaksikan masing-masing peserta yang dengan khsusu menciptakan keindahan pada karyanya. (Mujidi, Borneo Tribune)

Tidak ada komentar: